أخبار

Kolam Bersejarah Candi Umbul Dari Masa Pembangun

Lokasi Candi Umbul berada di Kabupaten Magelang, tepatnya di Desa Kartoharjo. Sebuah desa yang dikelilingi pemandangan alam yang masih asri, zona sawah yang luas, gunung-gunung, serta udara yang teduh. Wilayah obyek tamasya Candi Umbul pada tahun 2020 dilaksanakan perapihan secara menyeluruh. Melainkan tak meraba, atau mengubah peninggalan-peninggalan sejarah yang ada.

Perubahan cuma di sisi fasilitas penyokong kenyamanan para pelancong. Jadi bagi pelancong yang telah lama tak berkunjung ke Candi Umbul tepatnya sebelum tahun 2020, karenanya akan mengamati pemandangan yang jauh berbeda dengan sebelumnya. Melainkan, ketika ini kau patut sedikit bersabar dahulu sebab selama pandemi Covid-19 merebak di Indonesia destinasi tamasya yang satu ini ditutup untuk sementara. Dan belum ada isu lebih jauh kapan akan dibuka kembali.

Sejarah Candi Umbul
Sejarah Candi Umbul suda ada dari semenjak ratusan tahun yang lalu. Candi Umbul diperkirakan dibangun pada abad ke 8, pada masa kerajaan Mataram Kuno.

Jangan heran bila banyak sejarah perihal candi kebanyakan slot gacor hari ini mengacu di abad ke 8 hingga abad ke 9. Sebab pada masa hal yang demikian, terjadi perkembangan yang cepat pembangunan candi.

Pun di tulisan sebelumnya perihal Candi Lumbung, aku pernah membeberkan bahwa masa hal yang demikian familiar dengan jaman Negeri Pembangun Candi.

Melainkan untuk konteks Candi Umbul, para pengunjung yang pertama kali datang akan merasa keder, mencari dimana letak candinya.

Candi Umbul yang ada kini cuma menyisakan batu-batu bersejarah, sebagai bahan pembuatan candi hal yang demikian. Diperkirakan terdapat 2 candi yang berpasangan.

Demikian ada ketika ini di lokasi Candi Umbul yaitu 2 kolam renang yang terbuat dari batuan andesit, sebagai lokasi pemandian para ningrat ketika itu, serta sebagian arca.

Kekuatan Tarik Candi Umbul Magelang
Pasca perapihan wilayah tamasya Candi Umbul Magelang tentu saja menjadi semakin ramai dikunjungi para pelancong, terutamanya di hari libur. Dan inilah pesona estetika tamasya Candi Umbul terbaru :

1. 2 Kolam Pemandian Demikian Bersejarah

Kekuatan tarik yang pertama dari Candi Umbul Magelang yaitu dua kolam pemandian yang betul-betul bersejarah. Tentu saja sensasinya akan berbeda dengan berenang di kolam-kolam lainnya.

Sensasi yang ditawarkan yaitu sensasi berenang, atau mandi ala kaum ningrat di abad ke 8. Jangan lupa untuk mengabadikan moment hal yang demikian ya…

Air panas di kolam hal yang demikian bersumber dari 2 mata air yang tepaat berada di kolam. Di sisi kolam terdapat sebagian arca yang bersejarah, serta bebatuan yang berasal dari Candi Umbul.

2. Destinasi Trek Keluarga Demikian Nyaman
Pasca perapihan, karenanya obyek tamasya Candi Umbul menjadi destinasi tamasya keluarga yang betul-betul nyaman, dan edukatif.

Banyak sekali titik yang nyaman untuk merasakan estetika alam sekitar, sambil meredakan lelah sesudah puas berenang, atau bermain air di kolam bersejarah. Adapun titik yang sudah dirapikan yaitu sebagai berikut:

trekking yang nyaman, serta berhiaskan lampu-lampu keren
Gazebo yang besar, hingga gazebo yang kecil
Terdapat juga semacam menara pandang yang betul-betul nyaman untuk merasakan panorama alam sekitar.
Landmark atau titik selfie

مقالات ذات صلة

اترك تعليقاً

لن يتم نشر عنوان بريدك الإلكتروني. الحقول الإلزامية مشار إليها بـ *

زر الذهاب إلى الأعلى